BAB III
PENUTUP
1.
KESIMPULAN
Pengelolaan
kelas adalah kegiatan yang dilakukan oleh guru yang ditujukan untuk menciptakan
kondisi kelas yang memungkinkan berlangsungnya proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Pengelolaan kelas
merupakan masalah tingkah laku yang kompleks, dan guru menggunakannya untuk
meciptakan dan mempertahankan kondisi kelas sedemikian rupa sehingga anak didik dapat mencapai tujuan pembelajaran. Dengan demikian pengelolaan kelas yang efektif adalah syarat bagi pembelajaran yang efektif dan efisien.
meciptakan dan mempertahankan kondisi kelas sedemikian rupa sehingga anak didik dapat mencapai tujuan pembelajaran. Dengan demikian pengelolaan kelas yang efektif adalah syarat bagi pembelajaran yang efektif dan efisien.
Keterampilan
pengelolaan kelas perlu dimiliki oleh guru, karena hal ini akan membantu dalam
pencapaian tujuan pembelajaran. Keberhasilan
dalam mencapai tujuan pembelajaran akan berpengaruh pada tingginya hasil
belajar siswa. Sehingga pengelolaan kelas yang baik menghasilkan tingginya
hasil belajar siswa.
Motivasi belajar adalah usaha
sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran
agar siswa secara aktif secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk
memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian,
kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan
masyarakat.
Motivasi sangat berperan
dalam belajar, dengan motivasi inilah siswa menjadi tekun dalam proses belajar
mengajar, dan dengan motivasi itu pula hasil belajar siswa dapat diwujudkan
dengan baik. Siswa yang dalam proses belajar mempunyai motivasi yang kuat dan
jelas akan tekun dan berhasil dalam belajarnya. Tingginya motivasi dalam
belajar berhubungan dengan tingginya hasil belajar.
2.
SARAN
1.
Pengelolaan kelas sebaiknya dilaksanakan dengan optimal,
agar siswa dapat menerima pelajaran dengan baik, sehingga hasil belajar siswa
menjadi baik.
2.
Dalam
proses pembelajaran sebaiknya siswa selalu diberikan motivasi, baik di awal,
tengah maupun di akhir pembelajaran, agar motivasi belajar siswa selalu
terjaga, sehingga hasil belajar siswa lebih baik.